9 Tempat Wisata Curug Di Bandung Terlengkap 2020

9 Tempat Wisata Curug Di Bandung Terlengkap 2020

Curug di bandung –  Berbicara tentang curug di bandung udah pasti terbayang langsung mengenai tempat wisata alam yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Dengan letaknya yang strategis sehingga berdekatan dengan beberapa air terjun di Bandung yang terletak cukup dekat. Sehingga anda tidak lagi berpergian jauh untuk mencapainya. Suasana wisata air terjun memanglah asyik. Ketika anda melihat curahan air yang tinggi, disertai dengan suara gemericik air yang bikin adem. 

Tidak heran lagi jika kebanyakan wisatawan memilih menghabiskan waktu libur ke tempat wisata air terjun sebagai pilihan utamanya.

Baca juga : Paket Wisata Bandung Murah Fasilitas Lengkap 2020

Wisata Curug Di Bandung

Dalam artikel ini kami tuliskan beberapa tempat wisata curug di Bandung sebagai referensi untuk  liburan anda.

1. Curug Maribaya

curug di bandung

Salah satu wisata ini berada di dalam kawasan maribaya resort. Curug maribaya sendiri sebenarnya terdapat dari  beberapa rangkaian yaitu curug cigulung dan curug cikawari. Curug omas juga sering disebut orang sebagai curug maribaya, padahal tidak benar.Untuk melihat rangkaian curug maribaya ini, anda perlu masuk ke kawasan maribaya resort terlebih dahulu. 

Alamat : Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 

2. Curug Cimahi

curug di bandung

Curug cimahi adalah salah satu air terjun di Bandung yang sangat indah. Hal lainnya, air terjun ini gampang banget untuk dicapai. Anda tidak perlu berjalan jauh untuk mencapai lokasinya.Curug cimahi merupakan salah satu air terjun tertinggi di Bandung.

Nama lain dari curug cimahi adalah air terjun pelangi. Nama ini mulai diperkenalkan oleh Perhutani yang mengelola tempat ini, setelah curug cimahi mengalami renovasi dan perbaikan. Sekarang anda bisa melihat air terjun di malam hari, dengan background lampu warna-warni yang indah. Selain itu, perbaikan sarana dan prasarana juga dilakukan.

Air terjun ini direkomendasikan untuk anda kunjungi. Tapi siapkan juga fisik ya, soalnya harus menempuh tangga sebanyak 500 an!

Lokasi curug cimahi/air terjun pelangi berada tepat di pinggir jalan. Kurang lebih 1 KM sebelum Dusun Bambu , dari arah lembang.

 Alamat  : Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

3. Curug Bugbrug

 

Curug Bugbrug terletak berdekatan dengan curug cimahi, masih dalam satu aliran sungai. Jika anda sedang berkunjung ke daerah ini, Anda bisa menjadikan satu paket sekalian. 

Lokasi curug bugbrug tidak begitu jauh. Untuk menuju lokasi, ada beberapa alternatif seperti via jalur CIC outbound, via jalur utama dari jalan parongpong, dan trekking dari Villa istana bunga/ dusun bambu. Yang paling mudah dari jalan parongpong, letak gerbangnya dekat jembatan sebelum tanjakan ke arah curug cimahi/dusun bambu. Dari sana tinggal jalan kurang lebih 15 menit saja. Sayang gerbangnya kadang buka, kadang tutup. Curug ini direkomendasikan buat teman-teman yang suka wisata air terjun di Bandung nih.

Alamat : Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

 

4. Curug Malela

Curug malela salah satu curug di Bandung yang banyak dikenal traveller. Air terjun di Bandung ini sering juga disebut sebagai little niagara, mungkin karena bentuknya yang mirip-mirip dikitlah sama air terjun niagara.

Lokasinya ada di kampung Manglid, desa Cicadas, kec Rongga, kab Bandung Barat (terima kasih untuk revisi kang Abay). Untuk menuju lokasi, ikuti jalan ke arah padalarang sampai bertemu pertigaan dgn tanda jalan curug malela ke arah kiri. Ikuti terus jalan ini, petunjuk jalan sudah cukup banyak kok. Sekitar 10 km sebelum lokasi, jalanan rusak. tidak disarankan buat kendaraan seperti sedan/city car untuk lewat. Selain itu, nanti disambung dengan trekking sekitar 1 km untuk menuju lokasi. Cape memang, tapi terbayar dengan suasana air terjunnya yang masih alami dan indah.

Sebenarnya, masih banyak tempat wisata curug lainnya yang berada di daerah bandung dengan pemandangan yang tidak kalah indah. Hanya saja belum dikelola dengan baik dan keberadaan tempatnya yang cukup jauh  ataupun belum terekspose. Kalau teman teman pernah menggunakan jalur ciwidey – pantai cidaun, bisa melihat banyak air terjun di sepanjang jalan yang indah dan bikin penasaran buat datang mengunjunginya.

Alamat : Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

 

5. Curug Cinulang

Curug cinulang atau curug sindulang berada di perbatasan antara kabupaten Bandung dengan Sumedang. Lokasinya sedikit ngumpet tapi masih mudah untuk dijangkau kok. Untuk menuju lokasi, arahkan kendaraan ke arah nagreg. Di jalan lingkar luar cicalengka, jalan pelan dan cari petunjuk arah menuju ke villa aki enin. Jalannya sedikit menurun dari jalan lingkar cicalengka, tepat sebelum jembatan. Ikuti terus jalan itu sampai melewati aki enin. Gerbang ke curug cinulang tepat ada di sisi jalan, ga bakal kelewatan kok.

Jika ada sedang berkeliling di lokasi, Jangan kaget jika diminta dua kali tiket. Saat masuk dari gerbang tiket masuk ke wilayah bandung. Jika anda naik dari air terjun terus memutar jalan, akan diminta lagi tiket karena sudah masuk sumedang. Sedikit aneh memang tapi murah kog harga tiketnya.

Alamat : Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

 

6. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat masih juga dalam satu aliran sungai dengan curug cimahi dan curug bugbrug. Ketiga curug ini memang berasal dari hulu yang sama; situ lembang. Untuk menuju lokasi, anda cukup masuk ke area CIC ( ciwangun indah camp) yang terletak tidak jauh dari jalan Parongpong. Dari sana anda perlu trekking sejauh kurang lebih 1,5 km. Jalurnya asyik lho dan indah bgt, dan nggak begitu sulit juga.

Air terjunnya sendiri nggak tinggi sih, tapi suasananya bagus. Sepanjang jalan anda bakal nemu banyak spot bagus dan indah untuk berfoto ria.Tiket masuk ke Curug Tilu Leuwi Opat Rp 7000 rupiah.

Alamat : Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 

 

7. Curug Panganten

Lokasi curug panganten berada di wilayah wisata alam katumiri Cimahi.  Letaknya berada di jalan raya Cihanjuang KM 5.56. Curug panganten sendiri cukup tinggi, sekitar 50 meter. Untuk menuju lokasi, anda harus trekking terlebih dahulu.Biasanya jalan di musim hujan cukup licin dan berlumpur, jangan sampai salah kostum ya.

Alamat : Padaasih, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

8. Curug Citambur

Jika Kamu ingin merasakan sensasi hujan di perbatasan Bandung-Cianjur, Kamu bisa berkunjung ke air terjun Bandung yaitu curug Citambur. Dengan ketinggian lebih dari 100 meter, curug ini mampu menciptakan keunikan tersendiri layaknya hari sedang hujan terus menerus.

Bagi Kamu yang penasaran dengan nuansa curug ini, Kamu bisa memulai perjalanan dari Jakarta/Bekasi dengan melewati jalur Cariu. Dari sini, arahkan kendaraan ke Kota Cianjur ataupun terminal Pasir Hayam. Dari terminal tersebut, ambil arah ke Cibeber kemudian di Sukanegara dan ambil jalan utama hingga tiba di Kecamatan Pagelaran. Tidak jauh dari SPBU Pagelaran, Kamu akan menemukan petunjuk jalan yang mengarah ke lokasi wisata. Ikuti petunjuk tersebut hingga Kamu tiba di air terjun Bandung curug citambur.

Alamat : Karangjaya, Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat

 

9. Curug Dago 

Dikenal sebagai bagian dari peninggalan kerajaan Thailand yang berupa sebuah onggokan batu prasasti, air terjun Bandung yang dalam hal ini adalah curug Dago ini berlokasi di wilayah yang cukup terpencil. Beralamatkan di Jalan Dago Pojok, Coblong, Kota Bandung, curug Dago ini memiliki ketinggian 800 mdpl. Untuk lebih jelasnya terkait dengan keindahan alam curug Dago, berawal dari arah Bandung, Kamu bisa menuju ke Simpang Dago yang pada perempatannya berdiri McDonald.

Selanjutnya, perjalanan bisa Kamu lanjutkan ke jalan Ir. H. Djuanda hingga sampai di terminal Dago yang ada di kanan jalan. Dengan terus menyusuri pada sisi kiri jalan, Kamu akan menemukan dua jalan menukik dan menurun yang akan lebih baik dilalui dengan jalan kaki, di mana bagian sisi kiri menuju ke Curug Dago dan sebelah kanan ke Tahura Djuanda. Ikuti jalan sebelah kiri hingga Kamu akan menemukan curug Dago.

Alamat : Jl. Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Bagi anda yang berkeinginan berkunjung tempat wisata di atas tetapi tidak mau kerepotan. Kami menghadirkan paket destinasi wisata untuk anda dan keluarga. Silahkan hubungi kami untuk pemilihan peket wisata terbaik.

Hubungi Kami :

holiday tour bandung

Lokasi

Semoga bermanfaat sekilas info  tentang wisata curug di bandung. Selamat berlibur. Jangan lupa mampir kesini ya!

Leave a Reply