You are currently viewing Harga Tiket Masuk dan Review Pulau Tabuhan Banyuwangi
image : timesindonesia.co.id

Harga Tiket Masuk dan Review Pulau Tabuhan Banyuwangi

Pulau Tabuhan Banyuwangi – Seperti yang kita ketahui bersama, ada dua hal yang membuat daerah Banyuwangi terkenal dengan wisatanya. Yang paling terkenal di Banyuwangi adalah Desa Wisata Kemiren yang masih kental dengan budaya lokal.

Selain itu, Banyuwangi terkenal dengan banyak pantainya, salah satunya adalah pantai Pulau Tabuhan.

Di tepian Pulau Tabuhan terdapat berbagai keindahan alam yang luar biasa. Jika Anda ingin berwisata di pantai, Pantai Pulau Tabuhan mungkin cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga terdekat.

Daya Tarik Pulau Tabuhan Banyuwangi

Mungkin pantai ini tidak setenar Pantai Bangsring atau Pantai Watu Dodol. Hal ini dapat wajar karena sebenarnya Pulau Tabuhan sendiri baru diperkenalkan ke publik sekitar 9-10 Agustus 2014.

Meski masih baru seperti Pantai Teluk Hijau, destinasi wisata persinggahan ini tetap cocok untuk dikunjungi saat musim libur tiba.

pulau tabuhan banyuwangi
image : detik.com

Snorkeling

Snorkeling sudah menjadi kegiatan wajib saat berkunjung ke pantai. Apalagi jika airnya sangat mendukung untuk snorkeling.

Selain itu, snorkeling merupakan alternatif yang sangat cocok untuk orang yang takut diving. Dengan snorkeling, tidak perlu jauh-jauh ke dasar laut karena keindahan laut hanya akan terlihat di permukaan. Tapi ingat, hati-hati dan ikuti petunjuknya saat ingin ber snorkeling.

Diving

Seperti yang diketahui bersama bahwa ada dua cara agar Anda bisa melakukan diving. Teknik pertama adalah free diving yang bergantung pada kekuatan nafas.

Teknik kedua adalah scuba diving dengan peralatan scuba. Namun rupanya di pantai ini pengunjung hanya dapat melakukan free diving. Scuba diving tidak memungkinkan karena tidak ada penyewaan peralatan.

Pada dasarnya, wisatawan masih bisa menyelam. Namun sebagai catatan, peralatan scuba diving harus dimiliki sendiri dan dibawa ke Pulau Tabuhan.

pulau tabuhan banyuwangi
image : newsdetik.com

Sunset dan Sunrise

Ketika Anda sampai di pantai, pantai mungkin hanya memberi Anda sunrise yang indah atau sunset yang menawan.

Sangat jarang pantai menampakkan kedua panorama alam tersebut. Meski sangat jarang, hal ini tidak berlaku jika wisatawan berkunjung ke pantai-pantai di Pulau Tabuhan.

Tapi pertanyaannya adalah bagaimana hal itu dapat terjadi ? Bagaimana bisa pantai menunjukkan dua panorama sunset dan sunrise tersebut ?

Ada penjelasan logis untuk ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, pantai Pulau Tabuhan sebenarnya adalah sebuah pulau kecil di kota Banyuwangi. Perlu Anda ketahui bahwa pantai ini bukanlah pantai yang menyatu dengan pulau Jawa.

Karena pulaunya juga sangat kecil, tidak menutup kemungkinan fenomena alam yang satu ini terjadi. Untuk menyaksikan sunset, wisatawan harus melihat ke arah Pulau Jawa.

Sedangkan untuk melihat sunrise, wisatawan harus pergi ke belakang dan melihat ke arah pulau Bali.

Kiteboarding dan Kitesurfing 

Kawasan pantai Pulau Tabuhan sangat cocok untuk bermain kitesurfing. Ini sudah tidak diragukan lagi. Pesisir Pulau Tabuhan terkenal dengan kitesurfing bukan tanpa alasan. Kecepatan angin di Pulau Tabuhan relatif konstan.

Dihitung pada anemometer (pengukur kecepatan angin), kecepatan angin di pantai adalah 20 hingga 25 knot yang cocok untuk layang-layang. Orang yang pertama tahu adalah instruktur kitesurfing dari Belanda bernama Jeroen Van Der Kooij.

image : timesindonesia.co.id

Harga Tiket Masuk

Kunjungi Tabuhan Banyuwangi saat cuaca cerah karena Anda akan naik perahu. Tempat indah ini buka dari pukul 06.00 WIB sampai Sore Hari.

HTM hanya dikenakan biaya parkir yang dapat berubah sewaktu-waktu. Biaya tiket sepeda motor biasanya  Rp 2.000-, sedangkan mobil Rp 5.000,-

Tapi, Anda harus menyewa perahu sekitar Rp 60.000 per orang dengan jaket escape.

Perkiraan Biaya Menikmati Fasilitas di Pantai Tabuhan 

Biaya sewa perahu: Mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 800.000 dengan minimal 10 penumpang per kapal. Setiap orang akan mendapatkan jaket saat berlayar.

Biaya sewa snorkeling : Rp 30.000

Biaya sewa sepatu katak : Rp 15.000

Biaya sewa kamera underwater : Rp 150.000

Biaya sewa guide : Rp 75.000

Leave a Reply